Jumat, 13 Februari 2009

Toyota Perkenalkan Robot Pemain Terompet


Tokyo, Kamis


Kirim Teman | Print Artikel
Robot humanoid buatan Toyota

Berita Terkait:
• Qrio, Robot yang Bisa Berlari
• Paro, Robot Anjing Laut Pembantu Terapi
• Lebih Pintar dan Lebih Lucu

Pembuat mobil Jepang, Toyota, memperkenalkan sebuah robot yang bisa memainkan terompet dan menari. Mesin humanoid pertama Toyota itu hampir mirip dengan robot humanoid Honda dan Sony.

Toyota Motor Corp. memperlihatkan robotnya yang mampu berjalan tersebut pada media di sebuah hotel di Tokyo, saat mengumumkan proyek pengembangan robotnya.

Saat diperkenalkan, robot setinggi 120 centimeter tersebut menunjukkan kebolehan memainkan lagu "When you wish upon a star" dengan terompetnya. Uniknya. ia bisa pula menari mengikuti irama lagu dari film kartun Pinokio yang terkenal itu.

Dalam penampilan perdananya, sang robot yang mengenakan hiasan daun di telinga kirinya, sempat membungkuk pada penonton dan melambaikan tangannya untuk merespon tepuk tangan penonton.

"Kami akan mengembangkan proyek robot ini dengan menggabungkan berbagai teknologi yang kami dapatkan saat mengembangkan otomotif," ujar Presiden Toyota, Fujio Cho. "Saya yakin, robot ini bisa menjadi simbol teknologi yang dimiliki Toyota."

Toyota juga berencana membentuk sebuah band robot yang dijadwalkan manggung di World Exposition 2005 di Aichi, Jepang tengah, dimana terletak juga markas Toyota.

Seperti diketahui, perkembangan robot di Jepang diwarnai dengan kompetisi. Pada tahun 2000, Honda Motor Co. Ltd. memperkenalkan ASIMO, robot yang berjalan dengan dua kaki pertama di dunia, lalu Sony Corp mengeluarkan QRIO, robot jogging pertama, di bulan Desember.

Lebih jauh, perusahaan komputer NEC Corp. mengeluarkan robot yang memiliki ekspresi seperti manusia dan bisa berbicara menggunakan 3.000 kata. Sementara Hitachi Ltd. hadir dengan robot serupa kue tart yang mampu menyedot debu secara otomatis.

Tidak ada komentar: