Jumat, 13 Februari 2009

Asimo Honda



Asimo adalah singkatan dari “Advanced Step in Innovative MObility” yang merupakan salah satu robot humanoid yang paling maju pada saat ini. Asimo dikembangkan oleh para ilmuwan yang bekerja untuk HONDA.

Asimo mulai dikembangkan pada tahun 1986 dengan mengembangkan robot yang berjalan dengan menggunakan dua kaki layaknya manusia. Model pertama adalah E0, E1, E2 dan E3. Fokus pada ke empat model ini adalah agar dia mampu berjalan dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan manusia jika dia berjalan normal. Versi berikutnya pada tahun 1991 hingga 1993 adalah model E4, E5 dan E6 yang difokuskan pada penstabilan pergerakan Asimo ketika berjalan. Dan satu lagi hal yang dikembangkan pada E4 hingga E6 ini adalah kemampuan mereka nuntuk mendaki tangga.

Setelah HONDA berhasil mengembangkan pergerakan robot berjalan dengan keseimbangan yang luar biasa. Mereka memulai untuk membuat prototipe robot humanoid. Kemudian pada tahun 1993 dibuatlah robot dengan tipe P1yang memiliki ukuran tinggi hampir 2 meter. Kemudian pada P2 dan P3 robot ini mengalami banyak sekali perbaikan pada kemampuan maupun dimensinya yang akhirnya memiliki tinggi lebih kuran 1,5 meter.

Saat ini Asimo telah mampu untuk berlari, berjalan pada hampir berbagi permukaan, berbelok, mengindari obyek penghalang, memanjat tangga dan mencari dan memegang suatu obyek. Asimo juga mampu mengenali beberapa perintah, mengenali wajah, obyek bergerak.

Asimo seperti yang diproklamasikan oleh HONDA, pada masa mendatang akan mampu untuk membantu berbagai macam tugas manusia. Terutama adalah untuk tugas-tugas yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia. Contohnya adalah memasuki suatu wilayah yang beracun, pemadam kebakaran dan sebagainya. Selain itu Asimo juga bisa dijadikan partner manusia dalam kehidupan sehari-hari.

referensi:
http://asimo.honda.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Asim

Tidak ada komentar: